Senin, 08 Juli 2019

Faktor yang Memengaruhi Besaran Premi Asuransi Jiwa

Faktor yang Memengaruhi Besaran Premi Asuransi Jiwa

Memiliki asuransi memudahkan kita untuk mengatur keuangan demi masa depan. Saat ini, tersedia beragam asuransi yang beredar di tengah masyarakat, baik itu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, hingga asuransi pendidikan. Masing-masing dari asuransi tersebut memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda. Termasuk ketika Anda memiliki asuransi jiwa, maka harus dikenali betul berapa premi yang berlaku. Biasanya, besaran premi asuransi jiwa tiap penyedia asuransi berbeda antara yang satu dengan yang lain.

Maka dari itu, premi menjadi pertimbangan ketika Anda memilih asuransi. Apa saja yang harus diperhatikan? Berikut ulasannya!

1. Usia yang tertanggung
Semakin muda usia yang tertanggung maka premi asuransi jiwa juga akan semakin murah. Sebaliknya, jika usia tertanggung semakin tua maka premi juga semakin mahal. Biasanya tertanggung yang memiliki usia dibawah 30 tahun akan dimudahkan pembuatannya bahkan terdapat beberapa perusahaan asuransi yang tidak lagi memerlukan pemeriksaan dari klien dengan usia dibawah 30 tahun. Sementara untuk usia yang lebih tua, biasanya akan butuh pemeriksaan medis agar bisa menentukan lebih lanjut bagaimana kondisi kesehatan mereka.

2. Kebiasaan merokok
Premi asuransi jiwa juga bergantung pada kebiasaan merokok atau tidak. Kebiasaan ini dinilai sumber dari segala penyakit yang ada. Tak heran jika ada yang memiliki kebiasaan merokok, maka harus membayar premi lebih mahal dibanding yang tidak. Sebab, alasannya adalah karena risiko penyakit dan kematin juga lebih besar.

3. Riwayat kesehatan
Riwayat kesehatan yang buruk menjadi faktor penting yang dapat memengaruhi premi asuransi jiwa. Hal ini karena tingginya kemungkinan penyakit itu bisa datang lagi dan risiko kematian juga lebih tinggi. Maka untuk mengurangi potensi kerugian perusahaan asuransi, premi yang dikenakan pada tertanggung bisa menjadi lebih mahal.

4. Jenis pekerjaan
Berikutnya, jenis pekerjaan menentukan tinggi rendahnya risiko kematian pada seseorang. Jika Anda bekerja di kantor mungkin risiko kecelakaan kerja lebih kecil daripada mereka yang bekerja di luar ruangan. Biasanya, semakin tinggi risiko kecelakaan atau kematian maka semakin besar pula premi yang harus dibayarkan.

Beberapa faktor yang memengaruhi premi asuransi jiwa ini bisa menjadi pertimbangan dan tambahan informasi dalam menyiapkan asuransi jiwa. Meski begitu, yang juga perlu diketahui adalah bahwa besaran premi tiap penyedia asuransi berbeda. Anda bisa menemukan manakah asuransi jiwa terbaik.

Allianz memiliki produk asuransi jiwa seperti Smartlink New Flexi Account, Smartlink Maxi Fund Plus, Smartlink Account Plus, Total Permanent Disability, Payor and Spouse Payor Protection, dan Term Life. Anda bisa menemukan manakah jenis asuransi jiwa terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Konsultasikan premi asuransi jiwa dengan Allianz untuk orang-orang tersayang.

0 komentar:

Posting Komentar