Selasa, 14 Mei 2019

Amankah Melakukan Pinjaman Dana Cepat Online?

Amankah Melakukan Pinjaman Dana Cepat Online?
Kebutuhan hidup manusia memang terus meningkat tak sekadar sandang, pangan dan papan. Dewasa ini, kebutuhan internet, hiburan dan traveling bisa saja mendominasi pengeluaran bulanan yang lebih besar. Demi memenuhi kebutuhan tersebut, segala hal dilakukan termasuk mendapatkan penghasilan tambahan. Ada baiknya Anda tetap membuat daftar prioritas agar finansial keluarga tetap bisa terjaga. Jika butuh uang darurat, Anda bisa menggunakan pinjaman dana cepat yang kredibel. 

Tren dana pinjaman online 
Beberapa waktu lalu, tren dana pinjaman online memang menjadi hal yang diperbincangkan. Banyak orang merasa terbantu dengan adanya pinjaman berbasis digital yang lebih mudah, praktis dan tidak perlu bertatap muka. Namun, kasus pinjaman online yang memberikan nilai bunga mencekik leher menjadi sorotan. Kenapa banyak orang terjebak rentenir online hingga harus menderita keuangan berkali lipat? 

Sebagai kaum Millenial, sudah selayaknya untuk tetap mempertimbangkan masalah keamanan termasuk dalam urusan pinjaman uang online. Ada banyak risiko yang mengerikan bila Anda terpaksa berurusan dengan pihak peminjam yang kurang bertanggung jawab alias tidak terverifikasi OJK. Apa saja? Penyalahgunaan data pribadi yang dijual ke marketing kartu kredit, sistem peminjaman online yang merugikan debitur dan masih banyak risiko negatif lain. 

Jadi, pastikan dulu Anda mengecek kredibilitas dana pinjaman online agar tidak terjebak rentenir gaya baru ini. Pastikan bahwa lembaga keuangan tersebut telah masuk dalam daftar OJK  atau Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia ya! Selama Anda memilih fintech yang resmi dan terpercaya, kenapa tidak? Toh, pinjaman online bisa membantu merealisasikan rencana masa depan berbasis dana cepat atau model kredit yang lain. 

Mengenal fitur pinjaman dana online yang aman
Jika Anda membutuhkan dana cepat untuk berbagai kebutuhan mendesak, pastikan dulu mengenal fitur pinjaman dana online yang resmi. Fitur resmi bisa membantu Anda mengatasi permasalahan keuangan dengan baik alias simbiosis mutualisme. Dijamin Anda bakal merasa lebih puas menggunakan jasa fitur pinjaman yang telah bersertifikasi OJK. 

Cara mengetahui fitur pinjaman online aman bagi awam

Selain Anda bisa langsung mengcek melalui situs OJK langsung, ada baiknya untuk mengetahui beberapa hal berikut ini. 

1. Alamat kantor resmi 
Langkah pertama agar Anda bisa mengecek fitur pinjaman dana online adalah memastikan alamat kantor bukan rekayasa. Lembaga keuangan resmi biasanya memiliki kantor fisik meskipun proses pelayanan dilakukan secara online saja. Sebaiknya Anda kroscek langsung alamat kantor yang tertera benar-benar alamat kantor lembaga keuangan tersebut. 

2. Website kredibel 
Website aman dan terpercaya biasanya menggunakan domain berbayar diawali dengan https bukan http yang berarti data telah melewati enkripsi. Selain itu, Anda bisa melihat gambar gembok pada nama alamat situs yang berarti keamanan terjamin. 

3. Lihat sistem kerja dan aturan yang ada
Sebelum sepakat menggunakan jasa fitur layanan peminjaman dana online, sebaiknya Anda melakukan riset mendalam. Lakukan pengecekan website seputar aturan pinjaman, tenor, bunga dan lain-lain. Pahami pula adanya aturan seputar kredit macet termasuk denda keterlambatan pembayaran atau aturan tertera lain. Anda bisa bertanya pada pelanggan setia yang memberikan testimonial lembaga pinjaman online tersebut. 

4. Cek kemudahan persyaratan mengajukan pinjaman 
Hal yang tak kalah penting dan harus Anda cermati lebih detail adalah syarat mengajukan pinjaman dana cepat. Biasanya fitur pinjaman online memberikan syarat pengajuan yang mudah seperti KTP, Surat Keterangan Kerja, Slip Gaji dan fotokopi rekening tabungan. 

Tips aman melakukan pinjaman online 

Kalau Anda memang butuh dana cepat segera, mengajukan pinjaman online yang gampang cair bisa menjadi solusi terbaik. Tentu tetap aplikasikan tips aman melakukan pinjaman online agar tidak terjerat hutang berkali lipat berikut ini. 

1. Memilih lembaga kredibel yang menetapkan bunga rendah 
Agar keuangan Anda tetap stabil, lakukan riset untuk memilih fintech yang terdaftar OJK dengan penetapan bunga rendah. Angsuran dan bunga yang tidak mencekik leher bisa memberikan ruang cukup lega untuk Anda mengelola keuangan bulanan. 

2. Pilih nilai pinjaman sesuai kebutuhan dan kemampuan 
Meskipun syarat mengajukan pinjaman cukup mudah, Anda tidak boleh tergoda mengajukan dana pinjaman melebihi kemampuan membayar. Pastikan untuk menghitung dulu kemampuan membayar Anda setiap bulan ya!

3. Catat nilai pinjaman dan tanggal jatuh tempo setiap bulan 
Agar Anda senantiasa konsisten membayar dan terhindar dari denda keterlambatan membayar angsuran tiap bulan, selalu buat catatan nilai pinjaman dan tanggal jatuh tempo. Tempelkan catatan tersebut pada sticky note agar Anda tidak pernah lupa membayar tepat waktu. 

4. Hindari membayar setelah masa jatuh tempo 
Kebiasaan menunda pembayaran angsuran setelah jatuh tempo merupakan hal buruk yang harus Anda hindari. Anda bisa saja wajib membayar denda sesuai dengan kesepakatan fintech. 

5. Siapkan dana membayar hutang setiap gajian tiba
Berapa nilai pembayaran hutang yang ideal setiap gajian? Anda sebaiknya menetapkan prosentase 20 persen untuk membayar angsuran atau hutang setiap bulan. Prosentase gaji lain terbagi untuk kebutuhan hidup serta menabung. Pengaturan keuangan yang terkelola dengan baik setiap bulan bisa membantu Anda memiliki kondisi finansial yang ideal. 

Apakah Anda membutuhkan dana untuk membayar kebutuhan mendadak atau keperluan lain? Jika butuh solusi terbaik, Anda bisa mendapatkan dana cepat lewat CekAja.com atau melalui link https://www.cekaja.com/kredit sekarang juga. Tidak perlu khawatir, CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta diawasi oleh Bank Indonesia (BI). Costumer service CekAja.com akan membantu Anda mendapatkan pinjaman dana dengan mengandalkan penyedia layanan pinjaman yang akurat dan terpercaya.

0 komentar:

Posting Komentar