Kamis, 14 Februari 2019

7 Cara Mengatasi Gigi Ngilu yang Dapat Anda Terapkan

7 Cara Mengatasi Gigi Ngilu yang Dapat Anda Terapkan

Cara mengatasi gigi ngilu hingga hari ini masih banyak dicari karena tidak jarang gigi akan terasa ngilu secara tiba-tiba. Ya, gigi merupakan salah satu organ tubuh yang bekerja keras setiap harinya. Karena fungsinya yang vital dan sering digunakan, tak jarang gigi akan terasa sakit. Biasanya gigi akan terasa ngilu jika terdapat lubang digigi atau gigi memang sensitif ketika makan makanan dingin.

Gigi ngilu sendiri disebabkan oleh beberapa faktor seperti Anda yang tidak berhati-hati ketika menyikat gigi, sehingga terlalu kencang dalam menekan sikat. Atau bagi Anda yang memiliki gigi sensitif namun masih tetap mengonsumsi makanan yang asam atau minum yang dingin-dingin. Namun selain itu, ngilu pada gigi juga disebabkan oleh penyakit gusi atau plak pada gigi yang menyebabkan pembusukan.

Cara Mengatasi Gigi Ngilu

Melihat penyebab dari gigi ngilu yang sangat beragam, tentu penanganannya pun akan disesuaikan dengan permasalahan yang ada. Namun, untuk pertolongan pertama, Anda bisa melakukan hal-hal berikut untuk minimal mengubah kebiasaan Anda. Apa saja itu?

1. Ganti Pasta Gigi Anda
Ini bagi Anda yang memiliki gigi sensitif, banyak Dokter yang menyarankan untuk mengganti pasta gigi khusus gigi sensitif. Biasanya pasta gigi khusus ini dibuat dengan teknologi Novamin, teknologi ini bisa membantu gigi untuk membentuk mineral baru secara cepat.

2. Hindari Minuman Mengandung Asam
Gigi ngilu karena sensitif akan sangat rentan sakit jika terpapar asam berlebihan. Oleh karena itu cara mengatasi gigi ngilu yang baik adalah dengan menghindari minuman seperti teh, kopi maupun alkohol sebagai minuman harian. Karena kandungan asam di ketiga minuman tersebut membuat lapisan gigi terbuka dan akan terasa ngilu.

3. Mengompres Gigi yang Ngilu
Cara paling sederhana jika gigi terasa ngilu karena cidera dan bengkak tentu dengan mengompresnya dengan es batu. Dengan mengompresnya dengan es batu, aliran darah ke titik ngilu akan terhambat, karena pembuluh darah akan menyempit. Cara ini efektif, minimal untuk mengurangi rasa sakit.

4. Kumur Dengan Air Garam
Biasanya gigi ngilu juga disebabkan oleh bakteri atau kuman yang masuk ke dalam gigi berlubang. Oleh karena itu, berkumur dengan garam sangat membantu dalam meluruhkan kuman yang menempel pada gusi dan gigi.

5. Obat Pereda Rasa Sakit
Tentu ini adalah cara yang paling mudah ketika rasa sakit sudah tidak tertahan dan Anda bingung mau melakukan apa. Beli saja obat pereda rasa sakit seperti Ibuprofen dan Acetaminopen di apotek terdekat. Obat-obatan ini bisa membantu meredakan rasa sakit Anda sementara waktu.

6. Oleskan Bawang Putih
Bawang putih merupakan rempah rempah yang serbaguna. Selain untuk masak, bawang putih juga bisa digunakan untuk meredakan rasa sakit. Kandungan Allicin yang terdapat pada bawang putih bisa digunakan untuk meredakan gigi ngilu yang disebabkan oleh gigi berlubang, karena sifatnya yang anti bakteri ampuh.

7. Minum Susu Sapi
Tentu susu sapi merupakan minuman yang baik untuk pertumbuhan tulang, tak terkecuali tulang gigi. Susu sapi mengandung Kalsium, Fosfat, Flouride yang dapat memperbaiki kerusakan pada email gigi. Jadi kesimpulannya, susu akan memperbaiki email gigi yang terkikis akibat makanan yang Anda konsumsi

Itulah 7 cara mengatasi gigi ngilu yang bisa Anda terapkan di rumah. Yang pasti, kenali dulu penyebabnya lalu obati dan ubah kebiasan dalam menggosok gigi.

0 komentar:

Posting Komentar