Minggu, 25 Maret 2018

5 Masalah Yang Sering Terjadi Pada AC Rumah Atau Kantor

5 Masalah Yang Sering Terjadi Pada AC Rumah Atau Kantor

Punya AC di rumah? Sering mengalami masalah AC yang tidak dingin atau suhunya tidak terasa ketika dinyalakan? Apakah ini pertanda AC rusak?

Memang ada berbagai macam masalah yang sering terjadi pada AC, namun bukan bearti AC tersebut rusak, mungkin saja anda salah mengatur suhu, freonnya mulai habis atau anda perlu melakukan cuci ac agar bagian dalamnya jadi lebih bersih. Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang masalah umum yang sering terjadi pada AC, sebaiknya simak penjelasan dalam artikel berikut ini!

1. AC Mati Mendadak

Saat sedang nyaman-nyamannya ngadem dalam ruangan berAC, tiba-tiba AC mati mendadak padahal listrik masih nyala. Tentu kaget campur bingung! Jangan panik dulu, mungkin saja penyebabnya adalah adanya gangguan pada bagian termistor yang berfungsi sebagai sensor pengatur suhu ruangan. Terkadang bagian termistor bisa saja basah atau lembab akibat terkena air sehingga perlu dibersihkan, salah satu caranya yaitu dengan cara cuci AC atau dengan pemanasan termistor.

2. Salah Pengaturan

Mungkin ada sebagian yang masih awam dengan penggunaan remote AC sehingga memencet tombol AC secara sembarangan. Hal ini bisa menyebabkan kurang tepatnya pengaturan suhu sehingga hawa dingin dari AC jadi tidak terasa. Ada beragam pilihan suhu pada remote AC yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi, jika cuaca sedang panas sekali, turunkan suhu AC agar lebih dingin.

3. Bagian Filter Kotor

Untuk AC yang sering digunakan apalagi hampir setiap hari, perlu dibersihkan secara rutin. Namun, apa jadinya jika jarang dibersihkan? Salah satu dampaknya ialah filter yang kotor sehingga berakibat pada terhambatnya aliran udara ke unit AC dan hasilnya tentu saja ruangan jadi tidak terasa dingin. Jadi, jangan heran jika anda jarang melakukan pembersihan atau service AC, AC jadi tidak berfungsi secara maksimal. Sebaiknya bersihkan AC secara berkala, misalnya 3 bulan sekali untuk menjaga kebersihan bagian dalam komponen AC.

4. Adanya Kebocoran

Jika AC masih tidak terasa hawa dinginnya, coba perhatikan pada bagian AC apakah ada air yang menetes? Jika ya, ini bisa jadi AC bocor. Kebocoran pada AC berakibat pada terganggunya saluran pembuangan AC sehingga aliran air jadi mampet. Air pembuangan yang menumpuk akibat adanya penyumbatan pada saluran membuat air merembes ke luar atau bocor. Jika anda bingung atau tidak tahu bagaimana cara mengatasinya, segera hubungi teknisi atau tukang service AC.

5. Suara Bising

AC yang dingin tapi mengeluarkan suara yang berisik?ehm… tentu ini juga masalah! AC yang dalam keadaan baik dan normal biasanya tidak mengeluarkan suara nyaring atau berisik. Jika anda mendapati AC mulai mengeluarkan suara yang tidak biasa atau terkesan berisik, ini bisa jadi pertanda adanya bagian yang longgar. Jadi, lakukan pengecekkan pada beberapa bagian atau secara menyeluruh.

0 komentar:

Posting Komentar