Jumat, 23 Februari 2018

Waktu yang Tepat Minum Kopi

Waktu yang Tepat Minum Kopi

Sebagian orang menjadikan kopi sebagai minuman wajib di pagi hari. Sebagian lainnya juga mengkonsumsi kopi pada malam hari setelah pulang kerja atau sambil ngobrol dengan kerabat.

Tapi, ternyata ada waktu dimana kopi sebaiknya tak dikonsumsi. Lalu, kapan sebaiknya kita mengkonsumsi kopi?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Siloam Hospital, Mulyani Anny Suryani Gultom SsPD, menyebutkan bahwa kopi hitam baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Sehingga konsumsi kopi hitam di pagi hari bisa membuat kita segar dan terjaga. Manfaat meminum kopi juga cukup banyak.

"Kopi kan bagus untuk metabolisme tubuh, jadi kita lebih segar dan sehat. Juga untuk mencegah rasa ngantuk, jadi kita bisa segar beraktivitas," kata Mulyani seusai konferensi pers Tropicana Slim White Coffee di Wyl's Kitchen, Jakarta Selatan, Kamis (22/2/2018).

Namun, bagi penderita maag, ia menganjurkan untuk mengisi perut terlebih dahulu sebelum minum kopi. Bisa dengan kue untuk teman ngopi.

Sebab, kopi berpotensi memicu asam lambung jika diminum dengan kondisi perut kosong.

Ia menambahkan, kopi juga baik dikonsumsi di sore hari setelah lelah bekerja dan beraktivitas. Sehingga semangat bisa kembali lagi.

Namun, Mulyani mengingatkan agar konsumsi kopi dilakukan tak berlebihan. Cukup dua cangkir dalam sehari. Dalam satu hari, batas konsumsi kopi seseorang normalnya 400mg.

Konsumsi kopi yang berlebihan juga berpotensi memicu detak jantung.

Mulyani menyarankan agar konsumsi kopi tak dilakukan pada malam hari. Kopi akan membuat seseorang segar dan terjaga sehingga akan mengganggu pola tidur.

Diusahakan terakhir minum kopi sekitar Pukul 16.00 atau 17.00.

"Jangan misalnya jam 19.00. Kopinya akan mulai bekerja dan akan melek pukul 21.00-22.00," tuturnya.

0 komentar:

Posting Komentar